Selasa, 24 November 2009

4 LAPISAN KEHIDUPAN DI BUMI

Daerah permukaan bumi dapat dibagi menjadi empat lapisan "geo-sfer" yang saling terkoneksi: litosfer, hidrosfer, biosfer, dan atmosfer. Para ilmuwan dapat mengklasifikasikan kehidupan dan material di permukaan bumi berada di salah satu dari keempat lapisan itu.
Nama-nama dari empat bola berasal dari kata Yunani untuk batu (litho), udara (atmo), air (hidro), dan kehidupan (bio).






LISOTER






Litosfer adalah bagian padat, kerak berbatu yang meliputi? menutupi seluruh permukaan planet. Kerak ini adalah anorganik dan terdiri dari mineral. Ini meliputi seluruh permukaan bumi dari puncak Gunung Everest ke dasar Palung Mariana.



HIDROSFER

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhH98jMwpbz0b2DRwEoYDq2G1U4oyXt80ZY_nnVd3OA2jRKkvmrEIOWq2RAbZ6dHozjJcoQ_EkaEDfIWSIBnDNGV0L8e4ziklXMDFr9zNUAtGlWM_nymi444GzbTZmmpE8KRkLqgw0rbEQ/s320/hidrosfer.jpg


Hidrosfer terdiri dari semua air di bumi. Ini termasuk lautan, sungai, danau, dan bahkan kelembaban dalam udara. Sembilan puluh tujuh persen dari air bumi di lautan. Sisanya tiga persen adalah air tawar, tiga-perempat dari air tawar adalah padat dan ada dalam lembaran es.


BIOSFER




Biosfer terdiri dari semua organisme hidup. Tanaman, hewan, dan organisme bersel satu adalah bagian dari biosfer. Sebagian besar kehidupan planet ditemukan dari tiga meter di bawah tanah sampai tiga puluh meter di atasnya dan di atas 200 meter.



ATMOSFER





Atmosfer adalah tubuh udara yang mengelilingi planet kita. Sebagian besar atmosfer kita terletak dekat dengan permukaan bumi, di sanalah yang paling padat. Udara planet kita adalah 79% nitrogen dan hanya di bawah 21% oksigen; jumlah yang tersisa kecil terdiri dari karbon dioksida dan gas lainnya.




Empat lapisan itu dapat dan sering ada dalam satu lokasi. Sebagai contoh, sepotong tanah akan tentu saja memiliki bahan-bahan mineral dari litosfer. Selain itu, akan ada unsur-unsur dari hidrosfer hadir sebagai uap air dalam tanah, biosfer sebagai serangga dan tanaman, dan bahkan atmosfer seperti kantong udara di antara potongan-potongan tanah.

SUMBER :: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2726930


Comments :

1

dan Tuhan menciptakan manusia untuk menjadi Khalifah (pemimpin) di bumi ini.

Bayu Lebond mengatakan...
on